Jumat, 29 Maret 2013

Astaga, 49,3% Guru di Indonesia Belum Sarjana

                 Ilustrasi: Guru seluruh Indonesia yang tergabung dalam PGRI (Foto: Abror Rizki/Okezone)      



SOLO - Pengamat Pendidikan Muhammad Zuhdan mengungkap, di antara 2,92 juta guru di Indonesia, ternyata masih ada 1,44 juta guru yang belum berpendidikan Strata 1 (S-1). Jumlah itu setara dengan 49,3 persen dari total guru di Indonesia.

"Dari sisi kualitas guru bisa dikatakan masih rendah," ujar Zuhdan, di depan peserta Seminar Nasional Pendidikan Berperspektif Global: Akar Perubahan Sistem Pendidikan Indonesia, di Solo, Jawa Tengah, belum lama ini.

Namun demikian, lanjut Zuhdan, di Indonesia saat ini juga masih kekurangan guru. Perbandingan guru untuk sekolah di perkotaan, desa dan daerah terpencil masing-masing 21 persen, 37 persen, dan 66 persen. Guru yang memiliki kualitas bagus enggan ditempatkan di daerah jauh dan terpencil. “Padahal semestinya ada pemerataan," ujarnya.

Berdasarkan data Education For All (EFA) atau indeks pembangunan pendidikan untuk semua, pendidikan di Indonesia mengalami penurunan peringkat dari 65 pada 2012 menjadi peringkat 69 pada 2011 dari 127 negara di dunia.

"Variabel bisa diukur dari kualitas guru yang rendah, anak putus sekolah, kurikulum yang tidak memenuhi standar dan infrastruktur yang buruk," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Zuhdan mengatakan bahwa tercatat ada 1,3 juta anak usia 7-15 tahun di Indonesia terancam putus sekolah. Setiap menit ada empat anak yang putus sekolah.(rfa)

http://kampus.okezone.com/read/2013/03/08/373/772874/astaga-49-3-guru-di-indonesia-belum-sarjana


           Bagaimana pendapat mahasiswa sekalian? marilah menjadi agen perubahan untuk menjadikan negara kita lebih naik lagi. jangan hanya diam, bertindakla,,,

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Silahkan dikomenari ya,,