Rabu, 27 Maret 2013

Mahasiswa: Di Manakah Peran Kita?

 



KITA sangat mengenal tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian masyarakat. Tri dharma perguruan tinggi adalah salah satu dasar tanggung jawab mahasiswa yang harus dikembangkan secara simultan dan bersama-sama serta harus disadari betul oleh semua mahasiswa.
Pendidikan dan pengajaran ini merupakan dua hal yang saling berinteraksi. Ketika kita mendapatkan pendidikan, otomatis kita diajari oleh seseorang. Pendidikan dan pengajaran ini melatih sejauh apa mahasiswa memahami, kemudian dapat mentransfer ilmu ke orang lain. Lalu, penelitian dan pengembangan merupakan pengejawantahan ilmu-ilmu yang telah kita peroleh. Dan terakhir, pengabdian masyarakat merupakan praktik keilmuwan kita selama menjadi mahasiswa.

Dari ketiga hal itu, pengabdian masyrakat merupakan tahap terakhir pencapaian tri dharma perguruan tinggi. Hal ini otomatis tidak bisa kita capai apabila kedua tri dharma perguruan tinggi sebelumnya belum kita capai. Pada tataran praktis ini kita melatih tingkat kepedulian lingkungan masyarakat selama masa perkuliahan, yang merupakan masa persiapan kita menuju masa pascakampus. Tidaklah berarti kita berkuliah setinggi apa pun kalau kita tidak mau mengabdi untuk bangsa kita. Padahal uang perkuliahan kita juga disubsidi oleh rakyat. Oleh karena itu, mari kita optimalkan peluang yang telah Tuhan YME berikan kepada kita agar dapat menyaksikan bangsa ini yang lebih sejahtera untuk anak dan cucu kita nanti.


Wibawa Furqona
Geofisika dan Meteorologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Institut Pertanian Bogor (IPB)

http://kampus.okezone.com/read/2013/03/27/95/782153/mahasiswa-di-manakah-peran-kita

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Silahkan dikomenari ya,,